Laman

Jumat, 07 Maret 2014

5 GAME KLASIK TERKENAL SEPANJANG MASA

1. SNAKE
Permianan ini dikembangkan oleh J.Dan Scott, dari IOMO Studio. Lalu, nokia minta hak cipta untuk bisa meng-apply nya di Nokia. cara bermainnya adalah dengan menggerakkan ular (Snake) ke arah makanan berada dengan mengarahkannya keatas, kebawah, kanan atau kiri, namun harus hati-hati agar tidak mengenai ekor atau badan ular itu sendiri, setiap 5 (point) mangsa yang didapat akan muncul bonus, namum bonus ini akan segera hilang jika tidak segera dimakan, seiring perkembangan teknologi, game ini semakin variatif, jika dulu hanya berbentuk kotak di layar hitam-putih, maka sekarang telah muncul yang versi berwana dengan lebih banyak rintangan yang dihadapi, dan tentu saja lebih menantang untuk diselesaikan. 
snake Clasic
snake modern












2. TETRIS
Tetris (bahasa Rusia: Тетрис) adalah teka-teki yang didesain dan diprogram oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1985, pada saat ia bekerja diPusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow. Namanya berasal dari awalan numerik Yunani tetra yang bermakna bangun dengan empat bagian.
Permainan ini (atau variasi lainnya) terdapat pada hampir setiap konsol permainan video dan komputer pribadi, begitu juga pada peralatan lainnya seperti kalkulator, ponsel, pemutar media portabel, PDA dan bahkan sebagai rahasia pada produk non-media seperti osiloskop.
Walaupun Tetris muncul kebanyakan pada komputer rumahan, permainan ini lebih sukses pada versi Gameboy yang dirilis pada 1989 yang membuatnya sebagai permainan paling populer sepanjang masa. Pada berita Electronic Gaming Monthly ke-100, Tetris berada pada urutan pertama pada "Permainan Terbaik Sepanjang Masa". Pada tahun 2007, Tetris berada di urutan kedua pada "100 Permainan Terbaik Sepanjang Masa" menurut IGN.


3. STREET FIGHTER
Street Fighter merupakan judul permainan arkade yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1987 oleh pengembangan permainan video ternama, Capcom. Judul ini merupakan bagian perdana dari seri Street Fighter yang kelak menjadi salah satu permainan video terterlaris di dunia. Meskipun judul ini tidak sepopuler judul-judul berikutnya, seperti Street Fighter IIStreet Fighter Alpha, danStreet Fighter III, namun kemunculan judul ini menjadi tonggak pembaharuan dalam genre pertarungan melalui sistem permainan dan penggunaan tombal yang kelak banyak ditiru oleh pengembang lain.
Setahun setelah peluncurannya di mesin arkade, pada tahun 1988 Street Fighter kemudian disadur ke beberapa mesin konsol seperti Amiga,Amstrad CPC, Commodore 64, ZX Spectrum, dan TurboGrafx-CD. Khusus untuk konsol terakhir ini diluncurkan dengan judul Fighting Street (ファイティング ストリート Faitingu Sutorîto?). Pada tanggal 2 November 2009, judul ini kemudian dirilis ulang pada konsol Wii di Amerika Utara dan 5 November 2009 dirilis juga dalam bentuk PAL.
yang menarik dari game ini adalah karakternya yang berasal dari berbagai negara seperti jepang, cina thailand, amerika dan inggris, bahkan pernah difilmkan dengan judul sama dan diperankan oleh aktor kawakan jean claude van damme



4. MARIO BROS
Mario Bros adalah sebuah permainan arkade yang dibuat dan diterbitkan oleh Nintendo pada tahun 1983. Permainan ini dibuat oleh Shigeru Miyamoto, pembuat seri permainan Mario. Permainan ini adalah kelanjutan dari permainan Donkey Kong dan Mario, yang dahulunya dinamai "Jumpman". Sampai sekarang, Mario Bros. telah dirilis ulang sebanyak dua puluh kali pada berbagai konsol. Pada permainan ini, Mario yang bekerja sebagai tukang ledeng, bersama dengan adiknya Luigi, harus membasmi kura-kura yang mengganggu di parit bawah tanah di New York. Mario harus membasmi semua kura-kura dengan cara menjungkirkan mereka dan menendangnya. MarioBros versi arcade dan 
Nintendo Entertainment System, menerima sambutan positif. Di Jepang, versi NES dari Mario Bros. telah terjual sebanyak 1.63 kopi.
mario bros modern
mario bros clasic 


5. PACMAN
Pac-Man adalah sebuah permainan arkade yang dikembangkan Namco dan diterbitkan Midway; dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Awalnya dirilis di arkade saja, Pac-Man yang masih populer hingga kini telah dirilis pula dalam platform lainnya seperti Game Boy dan SNES. Perancang permainan ini adalah Toru Iwatani, yang merupakan karyawan Namco.
Pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man. Sang pemain dapat menyelesaikan satu level (tingkat) jika berhasil memakan seluruh titik dan benda khusus. Secara teori, permainan dapat terus berlanjut tanpa batasan tingkat, namun tingkat ke-256 memiliki bug yang menyebabkan gambar di layar tidak beraturan dan karena itu Pac-Man tidak dapat terus dimainkan melewati tingkat tersebut.
Pac-Man kini dianggap sebagai salah satu permainan video klasik serta merupakan salah satu ikon tahun 1980-an. Salah satu alasan kesuksesannya adalah bentuk permainannya yang dapat digemari baik pria maupun wanita dibandingkan dengan permainan arkade lainnya sebelum Pac-Man seperti Space Invaders dan Defender yang merupakan permainan tembak-tembakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar